Jumat, 08 Januari 2010

kenapa kita sering mimpi?

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra-indra lain dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).

Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Perkecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan terkadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut. Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebut oneirologi.

mimpi ada dua macam , 1 mimpi yang hanya bunga tidur.2 mimpi yang merupakan Ilafat ( Tanda tanda yang di berikan melalui mimpi ) jadi klo arg sering mimpi itu bisa jadi memory yang aktif pada saat tidur karena terus dipikirkan.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Mimpi

Sebagian orang mengatakan bahwa mimpi itu hanya 'bunga tidur'. Sebagian lainnya, terutama kaum Muslimin menganggap bahwa mimpi bisa jadi adalah petunjuk mengenai kejadian di masa datang karena Nabi Muhammad SAW pernah bersabda sbb : Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila telah mendekati hari Kiamat, maka mimpi orang mukmin hampir tidak pernah dusta. Dan mimpi seorang mukmin adalah 1/46 bagian dari kenabian.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Daud dan Tirmidzi)


Sumber :

http://zawiya.wordpress.com/2007/07/28/kamu-bertanya-tentang-mimpi/ http://opi.110mb.com/haditswe

0 komentar:

Posting Komentar